desain interior klasik
03
Mar

5 Karakteristik Rumah Dengan Desain Klasik

Meskipun desain interior mengalami perubahan tren setiap tahunnya, namun desain klasik tetap menjadi pilihan beberapa kalangan. Desain sudah yang ada dari sejak dahulu memang memiliki keunggulan di nilai dan daya tarik.

Biasanya, penyedia jasa arsitek yang khusus mendesain rumah klasik akan memberikan sentuhan seni Yunani dan Romawi.

Agar anda familiar dengan desain klasik ini maka kami sajikan 5 karekteristik rumah dengan desain klasik.

1. Desain eksterior rumah tampak simetris

Karakteristik desain eksterior rumah dari gaya arsitektur ini, biasanya terlihat keberadaan simbol dan elemen dekoratif yang khas.  Di mana keberadaan pilar-pilar kolom dan elemen struktur lainnya dalam model rumah klasik sering ditonjolkan.

Pada umumnya, bagian luar rumah terdapat jendela yang ditata lebih teratur dan pintu yang cukup lebar nan kokoh. Bahkan secara keseluruhan, komposisi bangunan juga tampak simetris.

2. Desain interior rumah memiliki ukiran yang khas

Hal yang paling menonjol pada interior rumah klasik adalah plafonnya yang tinggi dan ditambah adanya lampu gantung kristal besar nan cantik.

Selain itu, terlihat dekoratif pada model rumah klasik dengan keberadaan ornamen ukiran khas model rumah klasik. Di mana ukiran pada pilar-pilar model rumah klasik umumnya terdapat pada bagian pondasi dan mahkota dari pilar-pilar tersebut.

Elemen dekoratif berupa ukiran ini juga diaplikasikan pada bagian lain bangunan seperti model jendela rumah atau pintunya.

3. Penggunaan elemen warna

Karakteristik desain rumah bergaya klasik selanjutnya ada pada penggunaan elemen warna. Umumnya model rumah klasik sering tampil dengan warna-warna terang seperti putih, ivory atau beige.

Warna-warna tersebut bisa berdiri sendiri tanpa ada tambahan warna lain. Namun, banyak juga sebagian orang yang memberikan sedikit tambahan warna seperti cokelat dan kuning emas untuk menguatkan kesan mewah.

4. Pembagian ruangan di dalam rumah

Biasanya model rumah klasik memiliki lahan yang melebar ke samping untuk terlihat lebih proporsional. Bahkan setiap ruangan di dalam rumah klasik mempunyai ukuran cukup luas.

Terlihat juga dengan penataan ukuran ruang di dalam rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur hingga kamar tidur yang tampak cukup luas. Lebih istimewa lagi, biasanya satu ruangan dengan ruangan yang lain dibatasi oleh dinding yang solid dan dihubungkan oleh lorong atau koridor yang panjang.

5. Bahan baku bangunan rumah yang terlihat alami

Karakteristik rumah klasik berikutnya ialah penggunaan bahan bangunan yang menjadi ciri khasnya.Pada umumnya, bahan baku untuk membuat rumah klasik menggunakan bahan-bahan alami sebagai material utama.

Beberapa bahan yang sering digunakan seperti kayu berukuran besar dan batu alam. Ya, biasanya lantai pada rumah klasik memakai material marmer, kuarsa atau kayu. Sebagai pemanisnya, keberadaan karpet sintetis berbahan polyester maupun nilon.

Itulah kelima yang menjadi karakteristik rumah bergaya klasik. Ayo, jangan ragu mewujudkan model rumah klasik impian kamu.