The Guggenheim Museum
07
Dec

Daftar Arsitek Paling Terkenal di Dunia

Gedung-gedung ikonik yang kita tahu tidak muncul begitu saja. Di Balik tampilannya yang megah dan mengagumkan, terdapat arsitek yang menjadi master mind dari gedung atau hunian tersebut. Dari sekian banyak arsitek terkenal di dunia, terdapat beberapa individu yang karyanya berpengaruh besar.

Dan Karya dari mereka hingga saat ini masih jadi acuan arsitektur modern.

The Guggenheim Museum
The Guggenheim Museum – Credit : archdaily.com

Berikut daftar arsitek terkenal di Dunia

1. Frank Lloyd Wright

Tidak aneh jika banyak orang yang beranggapan jika karya-karya dari Frank Lloyd Wright ini disebut sebagai salah satu dari banyak karya terbaik di dunia.

Pasalnya, arsitek modern asal Amerika ini sudah merancang lebih dari 1000 struktur arsitektur yang 500 di antaranya sudah dibangun. Meskipun tidak pernah menempuh pendidikan arsitektur formal, salah satu arsitek terkenal di dunia ini mempelajari arsitektur melalui Louis Sullivan yang merupakan legenda di dunia arsitektur.

Sullivan-lah yang akhirnya memengaruhi keunikan gaya desain modern yang ditampilkan oleh Wright. Berikut karya-karya Wright

  • The Guggenheim Museum (New York)
  • Fallingwater Residence (Mill Run, Pennsylvania)
  • Arizona State University Gammage Auditorium & Taliesin West (Arizona)
  • Imperial Hotel (Tokyo)

2. Le Corbusier

Arsitek asal Swiss ini dikenal dengan gaya arsitektur internasional (International Style).

Beberapa karakteristik dari karyanya adalah penggunaan bahan beton dan baja modern pada struktur rrancangannya Selain itu, karena ketidaksukaannya, ia tidak memasang ornamen non struktural yang berlebihan pada bangunan.

Berikut adalah beberapa krya dari pria peraih penghargaan AIA Gold Medal (1961) dan Grand Officers of the Légion d’honneur (1964):

  • Villa Savoye (Poissy)
  • Villa La Roche (Paris)
  • Unité d’habitation (Marseille)

3. Frank Owen Gehry

Memiliki gelar “arsitek paling penting pada era ini” oleh Vanity, rasanya hal tersebut tidak berlebihan mengingat karyanya yang sangat berpengaruh.

Arsitek Amerika kelahiran Kanada ini memiliki ciri khas gaya arsitektur modern yang lebih inovatif serta futuristik dan menawarkan sudut pandang yang lebih menyegarkan.

Selain itu, Frank Owen Gehry juga dikenal akan pengolahan bentuk destruktif yang melahirkan nilai arsitektur kontemporer yang sangat ikonik.

Inilah beberapa karya yang dilahirkan oleh Gehry:

  • The Walt Disney Concert Hall (Los Angeles)
  • The Guggenheim Museum (Bilbao)
  • Dancing House (Prague)
  • The Museum of Pop Culture (Seattle)
  • Der Neue Zollhof (Düsseldorf)
  • The Marqués de Riscal Vineyard Hotel (Elciego)

4. Ludwig Mies van der Rohe

Pria kelahiran Jerman tahun 1886 ini adalah pionir dari arsitektur modern yang satu angkatan dengan Le Corbusier serta Walter Gropius.

Ketiga orang ini merupakan bapak arsitek modern dunia yang paling terkenal di dunia. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Barcelona Pavilion di Spanyol.

Bangunan ini identik dengan tampilan sederhana yang dibalut dengan penggunaan bahan boros seperti marmer, onyx merah dan travertine.

Itulah 4 arsitek terkenal dengan karyanya yang masih bisa di nikmati hingga sekarang. Karyanya pun hingga saat ini masih berpengaruh terhadap desain rumah serta gedung yang ada di dunia.