desain ruang kantor minimalis
10
Dec

Desain Ruang Kantor Minimalis

Desain ruang kantor minimalis, dapat mencerminkan aspek positif tentang bagaimana Anda bekerja dan apa yang Anda inginkan.

Kantor memang sudah menjadi tempat kedua setelah rumah. Mendesainnya pun tidak bisa sembarangan. Kantor adalah representasi merk atau brand perusahaan sehingga mendesainnya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Perusahaan berusaha yang terbaik memberikan kenyamanan pada karyawannya, tak heran banyak fasilitas seperti tempat bermain, beristirahat, kafe dan lain sebagainya untuk menunjang kinerja karyawan.

Berikut inspirasi kantor minimalis yang bisa Anda coba ketika Anda berencana untuk membangun kantor baru atau merenovasi

  1. Ruang Kerja

Kantor atau ruang kerja bisa dibilang jadi rumah kedua setelah rumah hunian. Desain ruang kerja minimalis pun banyak diterapkan untuk menghadirkan kenyamanan seperti berada di rumah.

Desain minimalis salah satunya bisa dilihat dari kantor yang menerapkan konsep open space atau ruang terbuka yang membuat kantor jadi tampak lebih lega dengan sirkulasi cahaya yang baik.

Terlebih, desain ruang kerja seperti ini juga akan memudahkan para karyawan untuk berinteraksi, berdiskusi dengan suasana yang akrab dan santai. Tambahan berbagai interior dan warna yang pas, tentunya akan membuat ruangan kerja akan jadi lebih nyaman.

Anda bisa memilih warna-warna natural atau hangat seperti warna kecoklatan atau kekuningan, dengan furnitur seperti meja dan kursi yang bergaya simple namun elegan.

  • Ruang Rapat

Ruang meeting atau ruang rapat jadi salah satu ruangan wajib di setiap kantor. Biasanya ruang meeting memiliki kesan yang serius dan kaku, karena ruangan ini diadakan untuk memutuskan sesuatu yang bersifat penting.

Namun justru dengan ruangan yang terlalu kaku akan menjadikannya tak nyaman untuk berdiskusi. Nah, selain di ruang kerja, Anda juga bisa mengaplikasikan konsep open space seperti gambar di atas jika menginginkan desain yang lebih nyaman dengan suasana berbeda.

Konsep ini akan memberikan suasana yang nyaman dan hangat sehingga akan membantu Anda dan tim dalam berdiskusi dan mendapatkan ide atau solusi.  Di sini Anda bisa pula menambahkan berbagai interior pendukung seperti hiasan dinding dan karpet motif.

Namun jika menginginkan ruang rapat yang tertutup, Anda bisa mengaplikasikannya seperti contoh gambar di atas.

Misalnya dengan menambahkan aksen dinding kayu dan cat dinding berwarna biru terang yang menghadirkan suasana yang lebih segar dan hidup. Pemilihan warna terang di dalam ruang rapat ternyata dapat memengaruhi emosi positif.

Desain ini bisa pula jadi inspirasi bagi Anda yang menginginkan ruangan dengan kesan elegan dan futuristik.

  • Lobi

Lobi kantor adalah ruang pertama yang akan dilihat oleh tamu atau pengunjung. Jadi, penting juga untuk memperhatikan desain area ini agar bisa menghadirkan kesan pertama yang menarik. Selain itu, desain lobi kantor yang tertata juga bisa memengaruhi tampilan kantor secara keseluruhan. 

Untuk memiliki desain lobi yang minimalis, lebih baik tidak terlalu banyak menempatkan kursi atau meja. Pasalnya, lobi adalah ruang tunggu sementara dimana para tamu tidak akan berlama-lama berada di tempat tersebut. Dengan mengurangi kursi atau meja yang berlebihan, lobi akan terlihat lebih luas.

Selain itu, Anda juga perlu perhatikan faktor pencahayaan yang baik pada lobi, karena juga bisa memberi kesan lapang sekaligus mewah pada ruangan.

Anda pun bisa menambahkan elemen pendukung seperti lampu, hiasan dinding, patung hingga TV agar mendapatkan ruangan yang tak membosankan.

  • Pantri

Pantri atau area untuk menyimpan makanan sekaligus tempat bersantai di kantor yang juga wajib diperhatikan.

Pantri biasanya memiliki berbagai peralatan dapur bersih seperti kulkas, microwave dan alat pembuat kopi dan sebagainya yang dapat mendukung kebutuhan karyawan.

Desain pantri di kantor akan lebih nyaman jika dilengkapi sofa, meja makan sederhana serta penataan interior yang pas.

Anda bisa mengaplikasikan warna-warna cerah agar dapat memberikan kesan yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu pastikan penempatan berbagai peralatan dapur selalu dalam kondisi rapi agar pantri terlihat lebih bersih.

Itulah beberapa contoh desain yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk Kantor anda, Semoga bermanfaat.