pentingnya desain interior
26
Feb

Kenapa Desain Interior Begitu Penting Untuk Rumah & Hunian Anda

Memiliki desain interior yang baik dari sebuah rumah sangatlah penting. Desain tersebut bukanlah sebuah bentuk ekspresi dari sang perancang saja. Namun ada juga sentuhan dari Anda sebagai pemilik rumah. Karena hanya pemilik rumah saja yang mengetahui apa yang menjadi kebutuhan rumahnya.

Kebutuhan setiap orang akan rumah tentu sangat berbeda-beda. Ada yang membutuhkan ruang yang lebih luas, ada pula yang ingin setiap ruang diisi oleh banyak perabotan. Ada yang ingin menggunakan beton sebagai pembatas dinding, tapi ada juga yang menginginkan kaca. Perbedaan-perbedaan preferensi tersebut membuat perencanaan desain penting dilakukan

Dan inilah 4 alasan lainnya mengapa desain interior begitu penting.

  • Menciptakan Rumah Sesuai Kebutuhan

Apakah Anda seorang yang sibuk bekerja? Atau seorang pensiunan yang menginginkan hidup tenang di hari tua? Seseorang yang sibuk bekerja tentu memerlukan mobilitas tinggi. Saat di rumah Anda perlu mengetahui di mana letak seluruh barang-barang, terutama perangkat kerja. Jika tidak, hal tersebut hanya akan menghambat mobilitas tinggi. Desain rumah yang cocok adalah rumah dengan desain yang memudahkan Anda menjangkau berbagai macam kebutuhan tadi.

Bagi orang yang sudah tua dan pensiunan, tentu mereka lebih membutuhkan rumah yang tidak begitu menyulitkan mereka. Akses setiap ruang yang mudah, batas dinding yang tidak begitu banyak, bahkan mereka tidak memerlukan tangga atau rumah dengan 2 lantai.

  • Penataan Interior Yang Tepat

Sebuah rumah tentu perlu penataan interior yang tepat. Tujuannya adalah agar memudahkan Anda dalam memanfaatkan fasilitas yang menjadi bagian dari interior tersebut, atau bagian dari sebuah estetika.

Setiap rumah tentu memiliki penataan interior yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi setiap orang berbeda-beda. Penataan interior yang tidak tepat tentu akan mengganggu kenyamanan saat berada di dalam rumah.

  • Keindahan Ruangan

Jika sudah merencanakan bagaimana desain interior dari rumah, maka Anda bisa merencanakan cara untuk mempercantik rumah tersebut. Misalnya penggunaan wallpaper pada rumah dengan banyak dinding tentu baik. Sementara rumah rumah yang memiliki lebih sedikit dinding akan tampak lebih luas.

Anda juga bisa menambahkan beberapa barang pada setiap ruangan. Misalnya lukisan, foto, televisi, tanaman, karpet, dan banyak barang lainnya yang memiliki tujuan mempercantik rumah.

  • Memudahkan Perawatan Rumah

Tanpa desain interior yang baik, perawatan rumah tentu akan sulit dilakukan. Misalnya dapur Anda tidak memiliki ventilasi udara, hal ini akan menyebabkan dindin serta langit-langit rumah menjadi kotor. Hal tersebut tentu harus dihindari jika ingin memiliki rumah yang bersih dan terawat.

Kemudian jika rumah Anda terlalu banyak memiliki dinding dan ruangan, maka sulit sekali untuk bisa dibersihkan. Jika Anda menyapu atau mengepel lantai tentu membutuhkan banyak tenaga karena ada banyaknya ruang di rumah.