desainer & dekorator
10
Dec

Perbedaan Desainer & Dekorator

Masih banyak yang bingung dan tidak mengetahui secara pasti perbedaan antara kedua istilah dalam dunia Desain interior antara desainer interior dan dekorator interior. Dalam banyak kasus, kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian untuk mengenali orang atau seseorang yang memiliki kapasitas dan pengetahuan tertentu menyoal penataan sebuah ruangan.

Desainer interior dan dekorator interior adalah dua orang dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda meski sekilas tampak sama. Apakah perbedaan mendasar diantara kedua profesi ini?

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Desainer memiliki arti seorang pendesain atau perancang. Sementara Dekorator memiliki arti orang yang mengerjakan dekorasi; penghias panggung teater; orang yang merancang dekorasi untuk etalase, stan, dan sebagainya dan yang sekaligus mengerjakannya.

Latar belakang pendidikan

Desainer interior memiliki latar belakang pendidikan yang cukup panjang hingga akhirnya ia disebut sebagai desainer. Seorang desainer interior harus melewati pendidikan khusus, sedangkan dekorator interior tidak. 

Desainer interior biasa mempelajari dan menangani berbagai hal seperti warna, struktur, gambar, perencanaan ruangan dan sebagainya. Sementara dekorator interior mempelajarinya secara otodidak tanpa mengikuti pelatihan formal. Dekorator tidak turut bagian saat renovasi, melainkan hanya bekerja setelah renovasi selesai. Sedangkan desainer interior lah yang merancang dan membantu renovasi interior suatu ruangan. 

Dekorator interior bekerja berdasarkan insting dan kepekaannya terhadap warna dan ruangan, sementara desainer interior bekerja melalui ilmu-ilmu yang telah dikuasainya. 

Bidang pekerjaan

Desainer interior biasanya bekerja sama dengan profesi lainnya seperti arsitek atau kontraktor. Mereka akan membantu para perancang rumah untuk menentukan warna, furnitur dan dekorasi yang tepat. 

Sementara itu dekorator interior langsung berhubungan dengan klien tanpa bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya. Dekorator interior cenderung lebih sering bekerja sama dengan produsen furnitur dan profesi sejenis lainnya. 

Dan Yang paling mudah untuk diketahui yaitu bahwa seorang desainer adalah juga merupakan seorang dekorator. Sementara seorang dekorator belum tentu merupakan seorang desainer.

Dekorator tidak melakukan dan mengerjakan rancangan dan desain sebuah ruangan, mereka hanya fokus pada bagaimana mendandani ruangan, mendekorasinya agar makin memilki tampilan yang diperlukan dan sentuhan estetik yang dibutuhkan.

Ada tambahan informasi pula selain kedua istilah, desainer interior dan dekorator interior, dunia desain interior juga mengenal istilah lain, yaitu stylist. Stylist interior juga mirip-mirip seorang dekorator, adalah seseorang yang memiliki kapasitas dan kemampuan mengubah dan mendekorasi ruangan sesuai dengan gaya dan perkembangan tren terkini.

Itulah pengertian, perbedaan antara dekorasi dan desainer interior semoga dengan membaca ini anda tidak salah lagi ketika menggunakan jasa tersebut.