Perabotan, dan Furniture Yang harus Ada
08
Jan

Ruangan, Perabotan, dan Furniture Yang harus Ada Pada Hunian Rumah Anda

Rumah adalah tempat di mana kita dapat menjadi diri sendiri dan menikmati kehangatan keluarga. Oleh karena itu, kita perlu menciptakan tempat tinggal yang nyaman untuk semua anggota keluarga. Kunci dari hunian impian tidak hanya tentang desain tapi juga tentang fungsi yang dimiliki.

Dengan perabotan yang tidak hanya terlihat cantik namun juga efisien tentunya pekerjaan rumah jadi lebih mudah, sehingga ketika keluarga Anda pulang mereka akan menikmati kenyamanan yang tidak ditemukan di tempat lain. Untuk memudahkan Anda yang baru saja pindah rumah dan ingin segera mengisinya, kami memberikan daftar Furniture yang wajib ada di masing-masing ruangan.

Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan area terdepan yang akan dilihat pertama kali oleh tamu atau pengunjung. Sebaiknya sediakanlah perabot yang bisa mendukung Anda menyambut dan menjamu kerabat di ruang tamu. Berikut ini peralatan atau furnitur yang wajib ada di ruang tamu.

  • Meja dan Kursi

Untuk menghormati tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda, sebaiknya sediakanlah meja dan kursi untuk menerima tamu. Anda dapat menyediakan meja dan kursi sederhana sebagai tempat duduk dan berbincang-bincang dengan tamu.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga adalah area di mana anggota keluarga menghabiskan banyak waktu bersama, seperti menonton televisi, mengobrol dan bercengkrama, atau sekadar duduk santai. Untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman dan menyenangkan, berikut ini peralatan yang wajib ada di sana.

  •  Televisi

Televisi bisa menjadi sarana hiburan bagi Anda di rumah, apalagi setelah seharian bekerja. Menonton acara televisi favorit pada akhir pekan bisa membantu meningkatkan kebersamaan dengan keluarga.

  • Karpet

Dilansir dari The Spruce, penggunaan karpet akan menyediakan tempat istirahat untuk tubuh dan energi di rumah. Menurut feng shui, energi bergerak dengan cepat di atas permukaan keras dan lebih lambat di atas permukaan lunak. Energi yang mengalir cepat dapat menciptakan perasaan kecemasan, sehingga tanpa ada sesuatu yang memperlambat aliran energi, ruangan bisa terasa agak kacau. Sementara itu, karpet menghadirkan rasa ketenangan dengan memperlambat energi. Jadi, Anda bisa menggunakan karpet daripada sofa di ruang keluarga.

  • . Kipas Angin

Kita hidup di negara tropis dengan cuaca yang panas ketika musim kemarau, maka kipas angin menjadi salah satu peralatan wajib di rumah. Kipas angin akan membantu mengalirkan udara sejuk di rumah dan menghilangkan gerah.

Kamar Tidur

Kenyamanan di kamar tidur merupakan hal nomor satu karena ruangan ini berfungsi sebagai tempat beristirahat. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu Anda merasa segar kembali setelah lelah bekerja seharian. Untuk mendukung fungsi tersebut, berikut ini peralatan yang wajib ada di kamar tidur.

  •  Kasur

Kasur yang nyaman akan membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Dilansir dari National Sleep Foundation, penelitian membuktikan bahwa tidur dan hubungan yang berkualitas dengan pasangan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

  • . Seprai, Bantal, dan Guling

Untuk melapisi kasur, Anda membutuhkan seprai dan untuk melengkapi peralatan tidur, ada bantal dan guling yang wajib ada di tempat tidur. Semua peralatan tidur ini akan membantu membuat tidur Anda lebih nyaman, lelap, dan berkualitas.

  • . Lemari

Sebaiknya pilihlah lemari berukuran besar agar mampu menampung semua pakaian Anda dan keluarga. Selain pakaian, lemari juga diperlukan untuk menyimpan dokumen penting dan barang-barang berharga.\

Dapur

Banyak kegiatan di rumah seperti memasak, makan, dan minum terjadi di dapur. Masakan lezat dari dapur Anda akan menciptakan hubungan harmonis antar anggota keluarga. Namun, tanpa peralatan dapur yang memadai, Anda bisa saja terhambat dalam menyajikan makanan lezat dan sehat untuk keluarga. Berikut ini beberapa peralatan penting yang wajib mengisi dapur Anda.

  • Kompor

Ada beragam jenis kompor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain dapur Anda, mulai dari kompor gas, kompor listrik, kompor induksi, hingga kompor portabel. Jika Anda sering memasak untuk keluarga, Anda bisa menggunakan kompor gas yang memiliki lebih dari dua tungku.

  • Alat Penanak Nasi

Selanjutnya yang harus ada di dapur adalah penanak nasi multifungsi yang bisa digunakan untuk memasak sekaligus menghangatkan nasi. Tidak itu saja, penanak nasi serba bisa juga bisa dimanfaatkan untuk memasak kue dan bubur.

  • . Penggorengan, Panci, Pisau, dan Peralatan Masak Lainnya

Peralatan memasak lainnya juga tidak boleh ketinggalan, seperti penggorengan, panci, oven, microwave, pisau, dan sebagainya. Pilihlah peralatan memasak yang paling esensial dan perlu digunakan segera.

  • Piring, Sendok, Gelas, dan Peralatan Makan Lainnya

Untuk menyajikan hidangan agar bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga, tentunya Anda membutuhkan peralatan makan. Pilihlah piring, sendok, garpu, gelas, dan mangkuk dengan desain dan warna-warna yang menarik agar sesi makan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.

  • Kulkas

Kulkas sangat dibutuhkan di dapur untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dan tidak cepat membusuk. Pilihlah kulkas yang memiliki susunan rak fleksibel supaya Anda bisa mengatur isi kulkas sesuai keinginan.

Kamar Mandi

Berikut ini peralatan yang wajib ada di kamar mandi atau tempat untuk membersihkan tubuh.

  • . Peralatan Mandi

Peralatan mandi tentu dibutuhkan untuk membantu membersihkan tubuh seperti sabun, tempat sabun, sikat gigi, pasta gigi, sampo, handuk, dan lain-lain. Selain itu, Anda perlu juga menyediakan alat pembersih kamar mandi seperti sikat dan cairan pembersih lantai.

Laundry

  • Mesin Cuci

Saat ini mesin cuci dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan membuat kegiatan mencuci menjadi lebih mudah dan praktis. Pilihlah kapasitas dan fitur mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

  • Setrika

Setelah pakaian selesai dicuci dan dijemur, langkah selanjutnya adalah menyetrika pakaian agar rapi dan tidak kusut jadi Anda membutuhkan setrika. Menurut Apartment Therapy, cari tahu dahulu apakah Anda membutuhkan setrika kering atau setrika uap. Setrika uap dapat digunakan sebagai setrika kering, tetapi tidak untuk sebaliknya.