dekorasi rumah
08
Jan

Tips Melakukan Dekorasi Rumah Dengan Hemat

Kamu bosan dengan rumah yang begitu saja? Ingin merombak rumah dan membeli furnitur baru bisa jadi solusi namun tentunya juga itu akan menambah biaya yang cukup besar.  Mendekorasi ulang rumah tidak selalu harus merombak secara besar-besaran dan menghabiskan uang jutaan rupiah. Bagi kamu yang ingin berhemat saat mendekorasi dengan aksesoris rumah, yuk simak tips dari  berikut ini.

Menyusun aksesoris rumah secara asimetris

Mendekorasi rumah bukan berarti kamu harus membeli aksesoris rumah yang baru. Kamu bisa mendapatkan suasana rumah yang baru tanpa mengeluarkan uang sepeser pun dengan cara mengubah tata letak aksesoris rumah seperti furnitur dan benda dekorasi lainnya. Sangat penting untuk mengetahui trik menata rumah yang tepat, apalagi untuk rumah mungil.

Jika selama ini kamu selalu meletakkan sofa secara simetris, cobalah ubah tata letaknya menjadi asimetris. Jangan letakkan sofa sesuai bentuk sudut ruangan, tapi letakkan berlawanan dengan sudut ruangan.

Meja kopi yang selama ini selalu diletakkan di tengah ruang keluarga bisa kamu pindahkan ke bagian samping ruangan. Tempat tidur pun tidak selamanya harus diletakkan menempel pada dinding, tapi kamu bisa coba meletakkannya di bagian tengah kamar dan tidak menempel pada dinding.

Begitu juga dengan dekorasi. Tidak perlu membeli dekorasi baru, kamu bisa saling menukar posisi beberapa dekorasi dan hiasan dinding lama untuk mendapatkan suasana baru.

Utamakan kualitas daripada kuantitas saat memilih aksesoris rumah

Beberapa furnitur rumahmu mungkin sudah ada yang berusia tua dan mulai rapuh sehingga perlu diganti dengan yang baru. Untuk berhemat di masa mendatang, sebaiknya kamu mengutamakan kualitas daripada kuantitas saat memilih aksesoris rumah yang baru ini.

Misalnya dengan membeli kursi dari kayu bukan plastik. Meski harga kursi kayu lebih mahal daripada kursi plastik, tentu kursi kayu ini akan awet lebih lama dan kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi di untuk waktu yang cukup lama.

Selain itu, jumlah aksesoris rumah juga bisa mempengaruhi keindahan rumah. Dibandingkan menggunakan aksesoris rumah dalam jumlah banyak, akan lebih baik jika menggunakan 1 atau 2 buah saja.

Misalnya meletakkan 2 patung berukuran sedang di sudut ruang tamu, daripada meletakkan 5 patung di seluruh sudut. Kamu juga bisa mengganti patung dengan dekorasi vas bunga. Jika rumahmu berukuran mungil, jumlah aksesoris rumah yang banyak ini tentu akan membuat rumah semakin sempit.

Memilih aksesoris rumah yang ukurannya sesuai dengan luas ruangan

Sebelum memilih aksesoris rumah berupa furnitur dan benda dekorasi, sebaiknya kamu memperhatikan luas ruangan yang akan didekorasi terlebih dahulu. Pilihlah aksesoris rumah yang ukurannya sesuai dengan luas ruangan.

Jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Hal ini akan membuat ruangan terasa sesak dan kamu kesulitan untuk bergerak. Sebaliknya, jangan gunakan aksesoris rumah berukuran kecil untuk ruangan berukuran luas karena ruangan akan terlihat sangat kosong dan tidak menarik saat dilihat.

Jika ruanganmu yang saat ini terlihat penuh sesak, cobalah menyingkirkan beberapa aksesoris rumah yang tidak diperlukan atau yang ukurannya terlalu besar. Bukannya keluar uang, kamu justru bisa menjual aksesoris rumah tersebut dan menghasilkan uang tambahan. Ruangan pun jadi terlihat lega serta terasa seperti rumah baru.

Kombinasikan aksesoris rumah berdasarkan tekstur dan warna

Supaya penampilan rumah terlihat lebih menarik, kamu bisa mengombinasikan aksesoris rumah berdasarkan tekstur dan warna. Cobalah menggunakan warna-warna berani dan material yang tidak biasa untuk furnitur. Misalnya kursi makan dari akrilik yang berwarna hijau neon atau sofa berbahan kulit sintesis yang berwarna merah. Bisa juga mengombinasikan sofa kulit dengan bantal kecil berbulu.