jasa desain interior
11
Dec

Tips Memilih Jasa Desain Interior

Zaman sekarang, desain interior rumah semakin banyak diminati karena bisa menghasilkan tampilan ruang yang unik dan keren sesuai keinginan pemilik.

Adanya pemilihan desain interior yang pas, akan menciptakan ruangan nyaman sekaligus furnitur yang serasi dengan warna dinding rumah.

Tak hanya itu, bahkan di bagian pencahayaan juga mampu menciptakan ruangan yang nyaman dan menarik bagi siapa pun yang melihat.

Tren menggunakan jasa desain interior rumah di Indonesia sekarang makin menjamur. Karena membantu para pemilik rumah untuk mewujudkan rumah seperti apa yang mereka idam-idamkan.

Jika Anda ingin memakai jasa desain interior rumah, sebaiknya ikuti tips berikut untuk menyewa jasa tersebut agar tak menyesal.

  • Pastikan Ekspektasimu Realistis, Ya!

Berselancar di internet, menonton acara desain interior, dan mencari gambar-gambar hunian impian mungkin menjadi beberapa kegiatan yang kamu lakukan ketika sedang mencari referensi desain hunian, ya? Kamu boleh saja memiliki impian yang tinggi, dan tentu saja para desainer interior akan dengan senang hati memberikanmu berbagai prevalensi desain hunian sesuai dengan impian yang kamu miliki.

Tapi, kini yang harus kamu ketahui adalah, sebuah proyek pembangunan rumah pasti memiliki anggaran biaya yang tidak sedikit. Biaya bisa saja semakin bertambah seiring dengan rumitnya ide hunian dan jumlah pekerja. Karenanya, penting sekali kamu mempertimbangkan anggaran biaya pembangunan yang sesuai dengan ekspektasimu.

Cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan meminta calon desainer interior untuk memberikan informasi lengkap mengenai perkiraan anggaran biaya sebuah proyek hunian di muka. Jangan takut untuk banyak bertanya demi mendapatkan gambaran yang realistis sesuai yang kamu harapkan.

  • Luangkan Waktumu Untuk Menemukan yang Pas

 Tiap perusahaan jasa desain interior memiliki desainer yang berbeda-beda. Berbeda cara pandang, selera, kebiasaan, dan juga cara kerja. Untuk memastikan kamu mendapatkan hunian yang sesuai dengan impianmu, penting sekali bagi kamu untuk memiliki visi dan misi yang sama dengan sang desainer.

Hal inilah yang membuat kamu harus meluangkan sedikit banyak waktu untuk mewawancarai satu per satu opsi jasa desain interior dan juga para desainernya yang akan bekerja bersamamu.

Dalam dunia desain interior, proses wawancara ini disebut konsultasi. Proses ini dapat berupa pertemuan langsung ataupun percakapan via telepon, dan juga dapat dikenakan biaya atau juga gratis.

 Kamu bisa memanfaatkan proses konsultasi ini untuk melihat contoh portfolio proyek yang telah dikerjakan oleh jasa desain interior tersebut.

Kamu juga bisa membawa beberapa contoh foto referensi hunian ataupun foto furniture yang kamu inginkan. Biarkan desainer jasa desain interior mengenalmu, mengenal seleramu, preferensimu, dan juga pemikiranmu.

  • Penagihan, Fitur yang Harus Diperhatikan.

Penagihan atau sistem billing adalah fitur lainnya yang dimiliki oleh beberapa jasa desain interior. Pada sistem billing, jasa desain interior biasanya menggunakan dua cara. Pertama, jasa desain interior akan mengenakan biaya paket, atau mengenakan kamu harga eceran untuk setiap material atau furnitur yang digunakan.

Kedua cara ini dianggap tipikal atau umum digunakan oleh jasa desain interior, namun yang sebenarnya ingin kamu ketahui adalah berapa banyak biaya yang sebenarnya perlu kamu keluarkan untuk jasa desain interior tersebut, kan?

Jasa desain interior yang baik akan memberikan perkiraan anggaran menyeluruh sebelum mereka mulai melakukan pengerjaan dan pembelian material serta furnitur. Jika jasa desain interior yang akan kamu gunakan menolak memberikan perkiraan anggaran secara transparan, lebih baik mencari yang lainnya.

  • Komunikasi Adalah Kuncinya

Komunikasi yang baik adalah kunci untuk memastikan proyek hunian impian kamu membuahkan hasil seperti yang kamu harapkan. Kadang-kadang, klien baru ragu-ragu untuk memberikan pendapat, karena merasa kurang berpengetahuan daripada desainer. Kalau sudah begini, jangan ragu, ya untuk mengemukakan pendapatmu! Jasa desain interior yang baik akan dengan senang hati menerima pendapatmu dan mendiskusikannya bersama.

Kamu harus benar-benar memastikan visi dan misi kamu dengan jasa desain interior yang akan kamu gunakan, sejalan. Tak apa-apa jika kamu cerewet, karena semakin sering kamu memberikan umpan balik terhadap desainer, semakin mudah juga untuk jasa desain interior melakukan perubahan sedini mungkin.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang hendak menggunakan jasa desain interior.