macam dan jenis furniture
04
Dec

Aneka Macam, Tipe dan Jenis Furniture Yang Ada Di Pasaran

Pada zaman dulu furniture atau mebel sudah ada, lebih tepatnya di zaman Neolitikum atau zaman batu muda. Furniture itu ditemukan berupa rumah kuno yang terbuat dari batu. Mebel di dalam rumah itu cukup lengkap, seperti tempat tidur, tempat duduk, wadah yang terbuat dari batu hingga berkembang di jaman sekarang dimana furniture sudah banyak menggunakan material yang lebih baik dan desain yang menawan.

Dan membeli furniture memang tak boleh dilakukan secara asal sebab perabotan tersebut akan Anda gunakan untuk jangka waktu yang tidak sebentar pastinya. Selain mempertimbangkan faktor harga, jenis konstruksi furniture juga wajib menjadi bahan pertimbangan. Jangan sampai Anda memilih jenis furniture yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

macam dan jenis furnitureBerikut macam, tipe dan jenis furniture yang ada di pasaran supaya anda tak salah membeli.

1. Free Standing Furniture

Jenis furniture yang satu ini sudah dikonstruksi dalam kondisi utuh, tidak dapat dilipat atau dibongkar pasang. Ukurannya terbilang besar dan membuat Anda harus teliti menyesuaikannya dengan kapasitas ruangan di rumah. Penggunaan free standing furniture paling cocok untuk rumah berukuran besar milik pribadi. Bila Anda masih tinggal di rumah sewa, sebaiknya Anda meminimalkan pilihan furniture jenis ini karena proses pemindahannya rumit dan menyita banyak tenaga. Beberapa jenis furniture yang biasanya dibuat dengan konsep free standing adalah sofa, meja tamu, dan ranjang.

2. Knockdown Furniture

Anda yang tinggal di rumah sewa sebaiknya mengandalkan penggunaan knockdown furniture dibandingkan tipe konstruksi furniture lainnya. Knockdown furniture bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Ciri khas jenis konstruksi furniture ini adalah elemen berupa engsel-engsel pada bagian tertentu. Namun, Anda butuh waktu lama dan keterampilan yang memadai agar bisa memasang knockdown furniture dengan tepat. Engsel dan bagian-bagian furniture yang dapat dibongkar pasang juga cenderung mudah rusak dan berkarat setelah digunakan dalam waktu lama.

3. Mobile Furniture

Ciri khas mobile furniture adalah jenis konstruksi berupa roda yang membuatnya mudah dipindah-pindahkan. Selain memiliki roda, jenis furniture ini biasanya mirip dengan knockdown furniture, dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Kelemahan mobile furniture terletak pada tingkat keseimbangannya yang terbilang rendah. Komponen roda yang rusak juga sering kali sulit diperbaiki karena Anda susah menemukan penggantinya.

4. Built In Furniture

Di antara macam-macam furniture lainnya, built in furniture terbilang paling rumit dan proses pembuatannya butuh keterampilan tinggi. Macam furniture ini biasanya dibuat bersamaan dengan proses renovasi rumah. Built in furniture menempel langsung pada interior rumah sehingga tidak dapat dilepas atau dipindahkan. Banyak orang menyukai konsep konstruksi ini karena dianggap menyatu dengan hunian dan membuat suasana rumah terkesan lebih eksklusif. Beberapa jenis furniture yang dapat dibuat dengan konsep built in antara lain kitchen set, rak TV permanen di dinding, dan wardrobe (lemari pakaian).

5. Inflatable Furniture

Istilah inflatable furniture tentu masih asing bagi sebagian besar orang. Inflatable furniture dapat didefinisikan sebagai jenis mebel yang ukurannya dapat dikembangkan dari kecil menjadi besar sehingga fungsinya maksimal. Jenis konstruksi furniture ini adalah solusi terbaik untuk rumah yang ukuran pintunya kecil dan tidak dapat dilewati oleh furniture besar. Beberapa jenis inflatable furniture yang biasanya digunakan banyak orang adalah sofa, spring bed, dan bean bag.

6. Transformable Furniture

Jenis konstruksi furniture ini lebih populer dengan istilah furniture multifungsi. Ciri khas transformable furniture adalah fungsinya lebih dari satu, misalnya sofa yang dapat dialihfungsikan menjadi tempat tidur atau meja makan mungil yang dapat dilipat menjadi bagian tertutup dari kitchen set. Orang-orang yang memiliki rumah mungil sebaiknya mengandalkan furniture multifungsi agar tidak membuat interior rumah terkesan makin sempit. Penggunaan furniture jenis ini membuat Anda tetap leluasa beraktivitas di rumah karena ruang gerak tidak tersita secara berlebihan.

Itulah beberapa jenis dan macam Furniture pastikan furniture yang dibutuhkan sesuai dengan fungsi jenisnya agar furniture dapat digunakan maksimal