bahan baku furniture
08
Dec

Bahan Baku Material Ruang dan Furnitur

Dalam menentukan biaya desain interior hunian rumah dan apartemen tidak jauh dari komposisi yang akan digunakan pada suatu ruang dan penataan furnitur-furnitur yang diinginkan diletakkan di dalamnya. Ketika Anda sudah mengetahui bahan baku apa saja yang dibutuhkan dalam desain interior rumah, maka Anda akan menjadi mudah memilah-milah model yang paling tepat untuk desain interior hunian Anda. Ingin mengetahui bahan baku atau material apa saja yang sering digunakan dalam desain interior rumah? Simak penjelasan berikut.

  • Plywood

Saat memikirkan mengenai berapa harga desain interior rumah, bahan baku Plywood menjadi rekomendasi yang tepat. Dilihat dari sisi harga masih dapat dijangkau dan segi kualitas pun, Plywood dikenal sudah terjamin mempunyai kualitas yang unggul. Material Plywood adalah gabungan dari lembaran kayu-kayu tipis yang saling direkatkan menggunakan lem khusus dan pembuatannya dilakukan dengan teknik press bertekanan tinggi. Penggunaan bahan satu ini sangat menjamin dalam efektivitas pengerjaannya, apalagi dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya. Dalam pengaplikasian tertentu, Plywood tepat digunakan pada penampang dengan ukuran yang luas karena adanya kayu padat yang akan berisiko mengalami perubahan bentuk kalau kadar air yang dimilikinya tidak bisa dihilangkan dengan sempurna.

  • Veneer

Berbeda dengan Plywood, bahan baku Veneer berasal dari bongkahan kayu lebih besar yang diiris. Mengenai harga untuk mendapatkan unsur kayu Veneer, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk kualitas, sama halnya dengan material-material lainnya, Veneer juga mempunyai bahan berkualitas yang terbuat dari jenis berikut.

  • Kayu Sungkai

Tekstur yang dimiliki oleh kayu sungkai adalah tekstur yang kasar dan menjadi ciri khas tersendiri dari sungkai. Selain itu, sungkai juga memiliki serat kayu yang lurus dan terkadang bergelombang.

  • Kayu Mindi

Tidak sama dengan kayu sungkai, kayu mindi bertekstur lembut dan serat dari kayu mindi sendiri menyerupai garis lurus. Ciri yang dimilikinya, membuat kayu mindi menjadi alternatif untuk melapisi furnitur-furnitur yang Anda miliki.

  • Kayu Oak

Untuk kayu oak yang berwarna lebih cerah dan bersih serta memiliki serat kayu yang lebih halus menjadikan bahan satu ini menjadi pilihan veneer. Penggunaan HPL (High Pressure Laminate) pada umumnya untuk finishing pada furnitur-furnitur yang dipakai dalam desain interior. Teknik laminasi dengan bahan sintesis yang dikenal memiliki tekanan tinggi ini bekerja baik sebagai penutup untuk permukaan furnitur built-in seperti kitchen set. Material ini memiliki karakteristik yang ramah lingkungan dan sangat mudah membersihkannya.

  • Kayu Jati

Semua tipe kayu memiliki perbedaan, begitu juga dengan kayu jati yang memiliki ciri khas bertekstur rumit tapi indah, sehingga membuat kayu Jati menjadi pilihan utama untuk pelapis furnitur. Anda pasti sudah kenal dengan model kayu satu ini, kan?

Tidak hanya kayu yang digunakan sebagai bahan baku saja, bahan baku lain yang digunakan adalah besi. Ketika Anda menggunakan bahan baku besi, tampilan ruangan hunian Anda akan tampak kesan maskulin dan elegan.

Bahan baku besi juga mempunyai jenisnya, berikut beberapa di antaranya.

  • Stainless Steel

Ada juga hunian yang menggunakan bahan besi Stainless steel pada tampilan furnitur-furnitur ruang. Jenis metal ini dikenal karena mampu untuk bertahan dari karet. Apa Anda menyukai jenis bahan baku stainless steel? Tapi jangan sampai bahan jenis stainless steel sangat mendominasi tampilan ruang rumah. Anda pasti nantinya akan merasa bosan.

  • Hollow Metal

Material dari hollow metal menggunakan besi dengan rongga-rongga yang kosong pada bagian dalamnya. Dengan memanfaatkan rongga tersebut, membuat bobot furnitur menjadi lebih ringan dibanding jika menggunakan bahan yang lain.

  • Solid Metal

Pemilihan dalam menggunakan solid metal sangat tepat karena bahan baku ini merupakan besi padat yang memerlukan aspek yang kokoh dan kuat. Anda bisa menjadikan solid metal menjadi pilihan utama karena fungsi utama yang dimilikinya.