tips memilih furniture
11
Dec

Tips Sebelum Membeli Furniture Untuk Hunian Anda

Memilih furnitur untuk rumah susah-susah gampang. Berbagai pertimbangan ketika akan memilih furnitur rumah harus Anda perhatikan agar sesuai dengan selera Anda.

Banyaknya pertimbangan kadang menyebabkan Anda menjadi bingung dalam mencari furnitur rumah yang akan digunakan. Bahkan tak jarang orang yang telah membeli furnitur merasa menyesal telah membelinya.

Anda harus mencari furnitur yang berkualitas tetapi jangan lupa, harus menyesuaikan dengan interior desain rumah Anda supaya ruangan terlihat serasi atau harmonis sehingga Anda merasa nyaman di dalamnya.

Berikut tips untuk Anda yang bingung memilih furnitur seperti apa yang membuat ruangan menjadi nyaman.

  1. Perhatikan skala ruangan sebagai dasar memilih ukuran furnitur

Banyak orang belum memahami konsep dari mendesain sebuah ruangan sehingga tidak tahu cara memilih furnitur sesuai besarnya ruangan. Sebagai contoh, ruangan berukuran 3×3 meter, diisi sofa yang ukurannya 3 meter. Padahal masih ada meja yang harus diletakkan di ruang tersebut. Sehingga ruangan terlihat sempit. Dengan memberikan space, ruangan kamu lebih memiliki estetika, bagus, dan mudah saat bersih-bersih.

2. Sesuaikan dengan konsep ruangan

Saat ini, banyak konsep desain interior ruangan tersedia di pasaran. Mulai dari yang modelnya klasik, minimalis, kontemporer, dan lainnya. Konsep tersebut memiliki bentuk furnitur dan ambience ruangan yang berbeda-beda. Kalau rumah Anda dibangun dengan konsep desain interior ala kerajaan misalnya, maka pemilihan furniturnya bergaya klasik, seperti dari kayu dan ukir-ukiran. Jika ingin ruangan terlihat bersih, lega, dan tidak terlalu banyak detail, Anda bisa memilih jenis furnitur minimalis.

Jadi Anda bisa memilih furnitur sesuai konsep desain interior rumah Anda. Dengan begitu, Anda lebih mudah dan fokus memilih furnitur.

3. Bujet

Tips selanjutnya dalam memilih furnitur adalah disesuaikan dengan bujet Anda. Selain itu, mengatur bujet untuk pembelian furnitur. Misalnya jangan sampai Anda membeli sofa mahal, tapi malah membeli tempat tidur yang murah. Meski Anda lebih banyak menghabiskan waktu di sofa, namun tak ada salahnya menginvestasikan dana lebih banyak untuk kenyamanan beristirahat, bukan?

4. Pilih material furnitur

Memilih material furnitur bisa jadi hal yang cukup teknis. Namun orang awam pun pasti tahu kayu solid jauh lebih bagus dibandingkan material partikel board yang mudah hancur jika terkena air. Dalam pemilihannya juga harus disesuaikan dengan konsep desain interior rumah Anda. Rumah bergaya minimalis akan jauh lebih bagus menggunakan material furnitur berbahan aluminium maupun besi dibandingkan kayu yang terlihat lebih hangat.

5. Pemilihan warna

Ngomong-ngomong soal furnitur, tentunya Anda harus memperhatikan warnanya. Jika Anda sudah membeli furnitur sofa berwarna biru misalnya, maka kamu bisa menyesuaikan warna cat ruangan atau rumah dengan furnitur tersebut. Karena ternyata lebih gampang mengubah warna cat ketimbang mengganti warna furnitur. 

6. Pakai jasa desainer interior

Jika tidak mau repot memikirkan konsep desain interior rumah dan furnitur, Anda dapat mempercayakannya pada jasa desainer interior. Desainer interior akan membantu Anda mendekorasi rumah sesuai selera dan bujet pribadimu, termasuk pemilihan furnitur yang membuat rumah memiliki nilai estetika dan lebih nyaman.

7. Cari referensi via online

Kalau bingung memilih furnitur, Anda bisa mencari referensinya di dunia maya. Setelah ada yang cocok, selanjutnya datangi toko atau supermarket furnitur. Siapa tahu barang yang ada di online, dijual di tempat tersebut sehingga Anda dapat memilih langsung furnitur dengan material bagus dan paling penting sesuai dengan kantong.

8. Belanja Sesuai Kebutuhan

Membeli furnitur untuk mengisi rumah merupakan sebuah kebutuhan. Ingat, harga furnitur biasanya mahal, jadi pastikan Anda berbelanja sesuai kebutuhan. Untuk menghemat bujet, Anda bisa menggunakan kartu kredit yang menawarkan promo furnitur atau datang ke pameran furnitur.

Sudah bisa menentukan mana furnitur yang akan Anda pilih nantinya? Semoga bermanfaat