bangun rumah
16
Dec

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendesain dan Membangun Rumah Idaman Anda

Salah satu faktor yang mendukung kebahagiaan manusia adalah luang dan lapangnya tempat tinggal. Meski yang paling penting adalah kelapangan dan keluasan hati. Namun, memang tidak salah juga jika dikatakan rumah yang lapang akan mendukung kebahagiaan seseorang apalagi didukung dengan penataan interior partisi ruang tamu yang tepat pasti akan membuat siapapun akan senang berlama-lama dalam ruang tersebut, termasuk tamu Anda.

Dan berikut adalah hal-hal yang Anda perlu perhatian sebelum menata ruangan.

Hal yang pertama harus diperhatikan ketika Anda akan menata ruangan Anda adalah konsep. Pemilihan konsep yang pas akan mempermudah Anda dalam memilih perangkat yang dibutuhkan dalam penataan ruang. Anda dapat memilih konsep minimalis, modern, klasik, rustik, futuristik ataupun elektik.

Anda dapat memilih salah satu dari beberapa konsep tersebut atau bahkan Anda akan memadukannya, misalnya konsep desain interior minimalis dipadukan dengan konsep modern, atau konsep klasik dengan desain interior minimalis dan sebagainya.

Konsep ini tentu akan mempengaruhi pemilihan elemen-elemen pendukung dalam desain interior termasuk elemen dekorasinya. Hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih konsep adalah skala ruangan secara keseluruhan, misalnya berapa luas ruang tamu, ruang tidur, dapur dan sebagainya. Perhatian terhadap skala ini akan memperngaruhi proposional dari setiap elemen desain interior.

  • Perabot Ataupun Perangkat Ruangan

Pemenuhan ruangan dengan perabot tentu bukan tindakan yang bijaksana, sekalipun perabot tersebut perabot yang mahal dan kita sukai. Karenanya, Anda harus benar-benar memilih perabot mana yang harus Anda masukkan dalam ruangan dan perabot mana yang sebaiknya Anda keluarkan atau bahkan Anda jual.

Kenyamanan dan keindahan pandangan tentu suatu hal yang tidak dapat Anda abaikan dalam menata interior rumah Anda. Sedikit ornamen sangat dibutuhkan agar rumah tidak kelihatan kaku dan kasar, tetapi tentu tidak boleh berlebihan karena ornamen yang berlebihan apalagi penataannya asal-asalan, akan menimbulkan kesan ramai dan kisruh sehingga menjadikan penghuninya tidak nyaman dan tenteram.

  • Pewarnaan desain interior rumah

Setiap warna memiliki karakteristik dan makna yang berbeda-beda. Efek yang ditimbulkan warna pun akan berbeda pula. Karenanya dalam memilih warna hendaknya dipilih warna-warna yang memberikan energi positif dalam setiap ruangan. Meski Anda mempunyai kesukaan warna merah, tetapi hendaknya diingat bahwa ruangan yang akan kita desain bukan hanya kita saja yang menikmati.

Karenanya, perpaduan warna tembok, warna perabot atau furniture dan juga warna dekorasi yang kita pilih hendaknya merupakan perpaduan yang rapi, nyaman dan menimbulkan kesan teduh dan adem siapa saja yang masuk dalam ruangan Anda. Nah, jika Anda akan mendesain ruangan Anda, tiga hal tersebut di atas layak menjadi pertimbangan. Semoga bermanfaat selamat mencoba