desain rumah minimalis
16
Dec

Tipe Rumah Dengan Desain Minimalis

Memilih rumah susah-susah gampang. banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memutuskan. salah satunya desain yang harus jadi pertimbangan. berhubungan dengan desain. desain rumah minimalis tahun ini menjadi trend bahkan mungkin trend ini akan tetap ada. 

Rumah minimalis memang sudah menjadi desain favorit banyak orang.

Buktinya saja, hampir di setiap jalan dan sudut kota, semua rumah menerapkan desain minimalis.

Nah, dari beberapa rumah yang dibangun, desain rumah minimalis modern memiliki banyak tipe.

Beberapa yang paling umum di antaranya adalah tipe rumah 21, 36, dan 45

Desain Tipe Rumah Minimalis

        ●    Rumah tipe 21

Rumah type 21 maksudnya adalah rumah dengan ukuran luas bangunan 21 meter persegi (m2). 

Jadi kalau ada rumah type 27, 33, 36, 45, dan 54 itu maksudnya merujuk pada luas bangunan rumah. 

Mudah sekali bukan? Anda tidak perlu menghafalkan, namun sudah mendapatkan petunjuk sederhana. 

Rumah tipe 21 sudah tentu merupakan rumah tapak paling kecil karena luasnya yang memang terbatas. Biasanya, rumah tipe 21 hanya memiliki luas tanah 60 m2 dengan dimensi 6×10 meter, 5×12 meter, atau lainnya. 

Jadi bisa dibayangkan kalau rumah ini memang kecil, kan? Namun, saat ini memang menjadi standar rumah terkecil untuk ukuran luas bangunan dan luas tanah. 

Bandingkan dengan rumah orang tua atau paman bibi kamu ketika membeli rumah dari developer. Biasanya, perusahaan pengembang memasarkan ukuran terkecil seluas 90 m2 pada era 1980-an. 

Jadi bisa dibayangkan kalau luas bangunan dan luas tanah dari rumah tapak memang semakin lama semakin kecil.

Rumah tapak ini hanya terdiri dari satu kamar tidur, satu kamar mandi, satu ruang tamu merangkap ruang keluarga. 

Dapur mempunyai ukuran minimalis, sedangkan ruang makan tidak ada. Harap maklum kalau ukuran rumah memang terbatas. 

Rumah tapak ini mempunyai carport dan juga taman di bagian depan rumah. Pemilik rumah bisa menaruh mobil atau motor di carport. Yang menjadi kelebihan rumah ini adalah bagian belakang yang lumayan luas untuk dijadikan kamar tidur. 

Sisa tanah yang ada di halaman belakang rumah masih bisa dijadikan satu kamar tidur dan juga ruang makan.

  • Rumah tipe 36 

Rumah tipe 36 adalah rumah yang mempunyai luas bangunan 36 m2. Contohnya adalah sebuah rumah dengan ukuran 6m x 6m = 36 m2. Rumah tipe 36 ini dapat dibangun di atas tanah seluas 60 m2 atau 72 m2. Jadi biasanya rumah tipe ini disebut dengan rumah tipe 36/60 atau 36/72. Tipe rumah 36 biasanya mempunyai 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Rumah tipe 36 cocok untuk Anda yang sudah memiliki anak, tetapi menginginkan rumah yang tidak terlalu besar.

Luas rumah tipe 36 yang terbatas membuat pemiliknya harus pintar-pintar menata ruang dan menambahkan beberapa ornamen agar ruangan tidak terlihat sempit. Hal ini dapat dimulai dari pemilihan barang-barang yang disimpan pada ruangan. Contohnya adalah pemilihan kursi. Pilihlah kursi yang tidak membuat ruangan menjadi sempit.

  • Rumah Tipe 45

Rumah tipe 45 adalah tipe rumah yang mempunyai luas bangunan 45 m2, contohnya ukuran rumah seperti 6 m x 7,5 m atau 8 m x 5,6 m. Rumah tipe 45 ini biasanya dibangun di atas tanah seluas 96 m2. Maka, rumah tipe ini sering juga disebut dengan rumah tipe 45/96. Ruangan yang biasanya tersedia pada rumah tipe ini antara lain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, carport, dan teras rumah yang lumayan luas.

Ruangan yang tidak terlalu luas harus membuat kita pintar-pintar dalam menata ruang kamar tidur, mulai dari penempatan kasur, meja, lemari, dan barang lainnya. Halaman yang ada pada rumah tipe ini juga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan pemilihan tanaman yang tidak terlalu besar, tetapi tetap bisa menciptakan suasana asri pada rumah.