rumah adat toraja tongkonan
03
Feb

Rumah Adat di Indonesia Yang Menjadi Inspirasi

Indonesia tidak hanya memiliki wilayah yang luas saja, tetapi juga memiliki keberaneka ragaman suku, budaya, agama dan adat istiadat. Nah, setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah tradisional yang mengambarkan  ciri khas setiap daerah loh.

Para nenek moyang bangsa Indonesia membuat rumah tradisional dengan berbagai desain arsitek yang begitu professional, indah dan unik.

Tidak hanya indah secara visual saja, rumah adat memiliki arti baik berupa simbol ataupun makna pembuatan rumah adat. Hal ini di sesuaikan dengan kebiasaan dan adat di setiap daerah di Indonesia.

Rumah adat sebagai media pembelajaran dan wawasan mengenal warisan leluhur Indonesia dari berbagai macam suku di seluruh nusantara.

 Berikut beberapa daftar rumah adat yang ada di indonesia.

1. Rumah Adat Aceh: Krong Bade

Orang Aceh memiliki citarasa seni yang sangat baik. Salah satunya terlihat pada rumah khas Krong Bade. Rumah panggung dengan satu tangga di depan ini memiliki perpaduan warna yang cantik. Rumah Krong Bade biasa dikenal juga dengan nama rumoh Aceh. Rumah adat ini jadi salah satu budaya Indonesia yang hampir punah.

Rumah adat ini punya tangga di bagian depan rumah dan tingginya berada beberapa meter dari tanah. Jumlah anak tangga rumah adat Krong Bade biasanya berjumlah ganjil. Bahan dasar pembangunan rumahnya adalah kayu, dengan banyak ukiran di dinding rumah. Atap rumahnya terbuat dari daun rumbia dan bentuknya persegi panjang, memanjang dari timur ke barat.

2. Rumah Adat Betawi: Kebaya

Betawi memiliki rumah adat bernama Kebaya. Disebut sebagai rumah kebaya karena bentuk atapnya yang mirip pelana yang dilipat dan jika dilihat dari samping, lipatan-lipatan itu mirip dengan lipatan kebaya. Sampai sekarang, ornamen rumah tradisional dari Betawi ini masih sering dipakai, yaitu bagian lis ukiran di bawah genteng.

Pemasangan lis khas Betawi tersebut adalah cara paling mudah untuk menunjukkan ciri khas rumah tradisional Jakarta. Atap rumahnya terbuat dari genteng atau atep (daun kirai yang dianyam), dinding depan dengan kayu gowok/kayu nangka, dinding rumah lainnya dengan anyaman bambu, dan pondasi yang digunakan adalah batu kali.

3. Rumah Adat Kalimantan Barat: Panjang

Rumah adat di Nusa Tenggara Barat disebut Dalam Loka. Rumah ini digunakan oleh Suku Sumbawa, Sasak, Dompu, dan Dongu. Rumah ini dulunya hanya digunakan oleh raja dan kepala adat, bukan masyarakat biasa. Tapi kini Dalam Loka sudah boleh digunakan oleh masyarakat biasa.

Rumah ini termasuk bergaya minimalis, tanpa banyak ornamen atau ukiran. Rumah adat ini ditopang dengan 99 tiang yang melambangkan 99 sifat Allah dalam ajaran agama Islam. Area luar dilengkapi dengan dekorasi seperti kebun istana, gapura, atau tempat lonceng.

4. Rumah Adat Toraja: Tongkonan

Suku Toraja memiliki rumah adat yang berbentuk elegan. Lengkungan atapnya yang menjulang seperti haluan kapal menjadi ciri khasnya. Rumah ini punya arsitektur bangunan yang mirip dengan bangunan suku Bugis.

Ciri khasnya adalah teras yang luas dan jumlah anak tangga yang ganjil. Untuk bahan bangunan, sebagian besar material rumah adat Toraja menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam.

Saat ini sudah dilakukan memodifikasi atap tersebut untuk bentuk bangunan yang lebih kecil. Anda yang berasal dari Toraja atau pecinta budayanya bisa mengadopsi model atap ini.

Itulah rumah adat yang ada di indonesia yang bisa menjadikan inspirasi untuk rumah impian anda. Semoga denga artikel ini anda menjadi semakin mengenal budaya yang ada di indonesia.