desain produk interior
08
Dec

Perbedaan Desain Interior dan Desain Produk

Kita kadang bingung apa perbedaan dari desain produk dan desain interior? Terlihat sama namun nyatanya keduanya berbeda. Kita akan bahas mengenai perbedaan tersebut. Sebelum masuk pada perbedaan tersebut ada sebuah pengertian mengenai desain.

Pengertian desain adalah rancangan dari suatu objek yang memiliki nilai keindahan dan bermanfaat bagi manusia.

Pernyataan itu juga diperkuat oleh salah satu pakar desain yang bernama JB Reswick. Bahwa pengertian desain ialah kegiatan kreatif yang untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Dan desain interior dan desain produk adalah termasuk dalam ilmu cabang desain.

Desain interior secara pengertian dan menurut para ahli.

Mungkin saat ini masih banyak yang menganggap jika desainer interior sama dengan dekorator interior. Padahal memilih dan mencocokkan dekorasi adalah bagian kecil dari desain interior. Lalu apa sih definisi dari desain interior yang sebenarnya?  Berikut penjelasannya.

Desain interior adalah rancangan bagian dalam gedung sebelum benar-benar dibuat, agar memiliki fungsi yang baik dan memiliki tampilan yang menarik.

Namun, untuk memastikan pengertian desain interior seperti yang kamu inginkan, sehingga kita harus membandingkannya dengan pendapat para ahli. Diantaranya adalah:

  1. K. Ching

Desain interior ialah menata ruang dalam bangunan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sarana untuk bernaung dan berlindung.

  1. Alexander C

Sedangkan pendapat Alexander C, bahwa desain interior adalah komponen fisik tepat dari suatu struktur fisik.

Desain produk secara pengertian dan menurut para ahli.

Saat ini nilai dari sebuah produk tidak hanya dilihat dari manfaatnya saja, namun ada nilai estetika dari desain produk yang harus diperlihatkan.

Selain itu desain pada jenis layanan atau barang produksi sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis. Oleh karena itu perlu diketahui tentang apa itu desain produk.

Desain produk terdiri dari dua kata yaitu desain dan produk. Desain berarti kerangka bentuk atau rancangan, sedangkan produk ialah barang atau jasa yang dibuat dan kemudian di proses produksi menjadi hasil akhir lebih bernilai.

Sedangkan beberapa ahli berpendapat tentang desain produk, adapun diantaranya adalah:

  1. Imam Djati Widodo

Menurut Imam Djati Widodo, desain produk ialah suatu pendekatan sistematis dalam perencanaan produk dan proses yang berpengaruh, seperti manufaktur dan pendukungnya.

  1. Yus R Hadjadinata

Sedangkan menurut Yus R Hadjadinata, berpendapat bahwa desain produk berhubungan dengan bentuk dan fungsi.

  1. Bagas Prastyowibowo

Pengertian desain produk merupakan salah satu unsur untuk mengembangkan industri, supaya hasil industri produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat.

Biasanya seorang produk desainer bermain fungsi, material, dan pengalaman pada  karya furnitur. Sedangkan desainer interior mengarah pada ruangan, bagaimana karya tersebut berhubungan dengan ruang yang ada.

Itulah pengertian dan sedikit penjelasan mengenai desain produk dan desain interior. Semoga bermanfaat