tips ruang interior kecil
02
Mar

Tips Untuk Ruang Interior Kecil & Sempit

Jika memiliki rumah yang tidak terlalu besar, ada beberapa hal yang bisa coba untuk membuat rumah anda memiliki kesan yang lebih luas. Tidak perlu membeli rumah baru, Anda hanya perlu melakukan dekorasi di beberapa area. Inilah tips yang bisa anda coba

1. Pilih warna netral

Salah satu trik untuk membuat ruangan terlihat lebih luas adalah dari pemilihan warna di dinding. Beberapa ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan warna putih atau warna cerah untuk diaplikasikan pada rumah yang tidak terlalu besar. Warna-warna ini akan membuat rumahmu terasa lapang dan terang. Warna-warna terang juga dapat memantulkan cahaya yang masuk, sehingga rumah akan tampak lebih luas.

2. Buat furniture yang multifungsi

Furniture yang multifungsi adalah salah satu cara agar furniture di rumahmu tidak terlalu memakan tempat. Karena bersifat multifungsi, anda bisa juga bisa menyimpan barang-barang pada furniture tersebut. Nah, dengan begitu ruanganmu akan terlihat lebih luas karena bisa hemat tempat.

3. Manfaatkan cermin untuk memperluas ruangan

Cermin menjadi cara yang cukup efektif untuk membuat ilusi agar ruangan tampak luas. Anda bisa menggantungkan beberapa cermin berukuran sedang di area yang sempit. Anda juga bisa berkreasi dengan cermin dan bingkainya untuk semakin mempercantik dekorasi ruangan.

4. Tempelkan TV pada dinding

Jangan ragu untuk meletakkan beberapa elektronik pada dinding jika Anda memiliki ruang keluarga yang sempit. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan floating cabinet untuk meletakkan DVD, speaker atau elektronik lainnya. Rak tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan barang-barang seperti majalah, buku atau pernak-pernik lainnya.

5. Aplikasikan jendela dan tirai besar pada rumahmu

Selain dapat memperluas ruangan, jendela besar akan membuat pencahayaan matahari dapat dengan mudah masuk memenuhi ruangan. Hal ini lah yang dapat membuat rumah terlihat luas dan terang. Selain itu, anda juga bisa aplikasikan tirai besar yang mampu mengubah kesan rumah kecilmu menjadi lapang.

6. Kurangi penggunaan pintu atau sekat

Jika ingin menimbulkan kesan luas, Anda bisa terapkan konsep paralel pada rumah. Tidak perlu memisahkan ruangan satu dengan yang lain menggunakan pintu atau sekat. Agar interior tidak terlihat kaku, Anda bisa memberikan hiasan berupa bingkai foto atau lukisan sebagai pembatas ruangan

7. Letakkan aksesoris kecil berwarna cerah

Jika Anda gak ingin ruangan terlihat monoton, Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris kecil yang memiliki warna-warna menyolok. Pilih warna merah, ungu atau metalik untuk mengusir kebosanan di sudut rumah. Pajangan-pajangan unik juga akan memberikan sentuhan yang enerjik pada ruangan.

Sebenarnya hanya dibutuhkan kreativitas untuk membuat rumah terlihat lebih luas. Anda juga tidak boleh salah membeli furniture atau pajangan agar ruangan tidak semakin sesak. Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat rumahmu terlihat lebih luas? Selamat mencoba!